Perusahaan IT : ORACLE


Profil Perusahaan Oracle

Bidang : Software dan Programming
Didirikan tahun : 1977 di California, AS
Kantor Pusat : Redwood City, California
Website : www.oracle.com

Oracle Corporation adalah salah satu perusahaan utama pengembang sistem manajemen basis data. Oracle Corporation didirikan pada tahun 1977. Perusahaan IT Oracle ini memiliki kantor pusat yang berlokasi di Redwood Shores-California, Amerika. Oracle berdiri dari keinginan Larry Ellison pada tahun 1970 untuk membangun sebuah perangkat lunak dengan database yang dapat saling berhubungan. Pada masa itu, perusahaan IT masih tidak memikirkan ide luar biasa yang muncul dari kepala Larry Ellison. Bersama Bob  Miner dan Ed Oates, Larry akhirnya mendirikan Oracle yang pada awalnya diberi nama Relational Software, Inc (RSI). Salah satu penyebab kesuksesan software/perangkat lunak buatan Oracle adalah karena menggunakan bahasa pemograman C yang membuatnya bisa diintegrasikan dengan bayar sistem operasi yang ada. Kini perusahaan IT Oracle telah menjadi perusahaan IT terbesar di dunia dengan pendapatan tahunan US$35,6 Milyar (Sekitar 306,16 Triliun ) per tahun. Perusahaan ini mempekerjakan 68.236 pekerja pada tahun 2007.

Oracle juga merupakan perusahaan perangkat lunak enterprise terbesar di dunia yang menyediakan perangkat lunak enterprise kepada perusahaan dan organisasi terbesar dan paling sukses di dunia. Oracle menyediakan produk-produk database, application server, collaboration enterprise businness application, dan perangkat application development.  Oracle adalah perusahaan perangkat lunak pertama yang mengembangkan dan 100 persen menggunakan perangkat lunak enterprise diatas internet diseluruh lini produknya. Sejak diluncurkannya database relational pertama di dunia pada tahun 1977, Oracle telah menjadi bagian penting dalam revolusi teknologi yang secara nyata mengubah bisnis modern.

Pesaing dari perangkat lunak Oracle adalah:
                      IBM: DB2, Informix, UDB
                      Microsoft SQL Server
                      Teradata (data warehousing dan business intelligence)
                      Software AG: Adabas
                      Sybase

Oracle dan IBM menekankan pada platform menengah seperti UNIX dan Linux, sementara Microsoft cenderung meraih pasar untuk kelas rendah (Microsoft Windows platforms). Basis data Oracle juga bersaing dengan basis data sumber-terbuka (open-source relational databases), seperti PostgreSQL, Firebird, dan MySQL. Perangkat lunak EnterpriseDB yang berbasis PostgreSQL, belum lama ini mengumumkan fitur yang kompatibel dengan Oracle dengan harga yang sangat wajar dan murah.

Oracle mempunyai 6 produk, yaitu:
  • Oracle Database
Merupakan database pertama uang dirancang untuk enterprise grid computing, sebuah database yang paling fleksibel dan hemat biaya dalam mengatur informasi dan aplikasi. Oracle Database tersedia dalam tiga edisi yaitu Enterprise, Standart, dan Personal.
  • Oracle Application Server
Merupakan Oracle’s Java 2 Enterprise Edition (J2EE) server yang bersertifikat, mengintegrasi segala yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan membuart aplikasi berbasis Web. Aplikasi server mendeploy portals e-business, web services dan aplikasi transaksional seperti PL/SQL, Oracle Forms, dan aplikasi yang berbasis J2EE.
  • Oracle E-Business Suite
Merupakan suatu himpunan lengkap bisnis untuk mengatur dan mengotomasi proses dalam sebuah organisasi.
  • Oracle Collaboration Suite
Merupakan satu sistem yang terintegrasi untuk semua komunikasi data dalam sebuah organisasi seperti Voice, E-mail, fax, wireless, calendar information, dan file-file.
  • Oracle Development Suite
Oracle Development Suite sangatlah komplit. Suatu integrasi yang mengkombinasikan application development dan business intelligence tools.
  • Oracle Services
Oracle Services seperti Oracle Consulting dan Oracle University yang menyediakan keahlian yang dibutuhkan untuk menjaga Oracle project supaya tetap dalam jalur dan berjalan dengan baik.

Gaji pegawai Oracle menurut :
  • Glassdoor.com

  • Qerja.com


Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Macam-Macam Perasaan Seseorang

Prosedur Pembuatan PT dan Struktur Organisasi PT Gamatechno

Resensi Film Animasi Transformers