Quotes

Quotes

Saturday, May 3, 2014

Tips Alami Mengatasi dan Mencegah Jerawat, serta Menghilangkan Bekas Jerawat

Aku Berjerawat


Jerawat. Siapa sih yang tidak tahu jerawat? Baik kaum wanita maupun pria pasti tahu apa itu jerawat. Ya, pada umumnya orang-orang mengetahui jerawat adalah suatu benjolan  kecil yang terdapat di wajah dan sangat mengganggu penampilan terutama bagi para kaum wanita. Dalam istilah medis, jerawat itu adalah benjolan-benjolan yang terjadi pada kulit wajah yang timbul akibat terjadinya peradangan dari kelenjar unit pilosebaseus dan disertai adanya penyumbatan keratin pada kulit.

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan jerawat itu muncul di wajah kita? Biasanya si jerawat ini muncul dikarenakan produksi kelenjar minyak yang berlebihan, penyumbatan saluran pembuangan kelenjar minyak pada permukaan kulit, dan adanya bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi. Jika si jerawat ini sudah terlanjur muncul di wajah kita, lalu apa yang harus kita lakukan? Sebagian orang mempunyai kebiasaan memecahkan atau memencet jerawat. Hal tersebut sudah pasti tidak baik untuk dilakukan. Ada beberapa tips alami untuk mengatasi si jerawat itu, yaitu dengan cara :
1. Mengatasi Jerawat Dengan Putih Telur
Caranya yaitu, pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Putih telur ini akan membantu mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.
2. Mengatasi Jerawat Dengan Tomat
Yang pertama harus dilakukan adalah mengiris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas.
3. Mengatasi Jerawat Dengan Bawang Putih
Ada dua pilihan dalam menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Pertama dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga cukup halus lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas. Sedangkan cara kedua adalah dengan memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari.

Jika ada jerawat, biasanya ada bekasnya. Banyak orang yang merasa terganggu dengan adanya bekas jerawat ini. Bekas jerawat biasanya menyisakan noda hitam di wajah. Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut? Ya tentunya dengan menggunakan cara alami dong, karena itu merupakan cara yang paling aman dan tidak menimbulkan efek samping untuk kesehatan wajah kita. Berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan bekas jerawat :
1. Menggunakan Air Jeruk Nipis
Ambil air perasan jeruk nipis dengan kapas, kemudian usapkan pada bagian noda bekas jerawat, tunggu 10-15 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih. Ketika awal pengolesan akan sedikit terasa perih, namun itu tidak akan berlangsung lama, justru efeknya mampu mengurangi rasa gatal dan membantu menghilangkan bekas jerawat.
2. Menggunakan Putih Telur
Cara penggunaanya adalah pisahkan putih telur dengan kuning telur, gunakan putih telurnya kemudian aduk perlahan, dan dapat digunakan sebagai masker. Tunggu 10-15 menit kemudian bilas hingga bersih, gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu agar bekas jerawat memudar.
3. Menggunakan Kulit Mentimun
Kandungan silika (zat kolagen) pada buah mentimun berfungsi untuk mencerahkan   dan mengencangkan kulit wajah. Cara penggunaannya yaitu ambil kulit mentimun secukupnya saja kemudian gosokkan pada bagian wajah yang terdapat flek hitam bekas jerawat.
4. Menggunakan Ampas Teh
Cara penggunaanya sangat mudah yaitu oleskan ampas teh pada bagian noda bekas jerawat, diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih. Penggunaan secara rutin dapat membantu mengurangi noda bekas jerawat di wajah.
5. Menggunakan Lidah Buaya
Caranya adalah gunakan gel daging buah lidah buaya sebagai masker wajah diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih, penggunaan secara rutin efektif mengurangi bekas jerawat.
6. Menggunakan Bawang Putih
Cara penggunaanya dengan mengiris bawang putih kemudian oleskan irisan tersebut pada bagian bekas jerawat, tunggu 10-15 menit kemudian bilas dengan air. Gunakan secara rutin agar memberikan efek yang sempurna, noda bekas jerawat akan tersamarkan.

Setelah membaca berbagai tips untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawatnya juga, tentunya kita tidak mau dong jika hal itu terulang lagi. Nah, ada baiknya kita juga harus mencegah agar si jerawat itu tidak tiba-tiba muncul lagi di wajah kita.  Bagaimana cara mencegahnya? Yuk dibaca tips dibawah ini :
  1. Perbanyak minum air putih.
  2. Banyak mengkonsumsi makanan segar dan alami.
  3. Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet.
  4. Olahraga secara teratur.
  5. Hindari alkohol dan rokok.
  6. Gunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit.
  7. Jangan menggunakan make up yang berlebihan.
  8. Hindari stress.
  9. Jangan memegang jerawat dengan tangan kotor.
  10. Hindari paparan sinar matahari secara langsung.
Sekian pembahasan saya mengenai cara mengatasi jerawat, mencegah jerawat serta menghilangkan bekas jerawat. Semoga berbagai tips yang saya berikan dapat berguna bagi para pembaca. Sampai jumpa lagi ditulisan selanjutnya yang akan membahas tentang berbagai tips lainnya dan tentunya dilakukan secara alami.

Penting! (Agar tidak menjadi seorang plagiat)
Beberapa tips diatas dikutip dari :

2 comments: