Quotes

Quotes

Friday, June 6, 2014

Perilaku Navigasi, Perilaku Pencarian serta Dampak Perilaku Sosial dan Ekonomi pada Blog

A. Perilaku Navigasi
Navigasi adalah petunjuk posisi dan arah perjalanan. Di dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user yang sedang berada di dalam halaman tertentu tidak tersesat dan mudah menemukan halaman-halaman lain dalam website kita. Perilaku navigasi pada suatu situs atau web bisa disebut juga dengan tata letak dari navigasi-navigasi  di dalam situs tersebut. Pada suatu situs atau website, penggunaan navigasi yang baik sangatlah penting.  Para pembuat website harus bisa membuat suatu navigasi yang menarik agar pengunjung situs tersebut tidak bosan melihatnya. 
Contoh penggunaan navigasi adalah pada halaman blog. Salah satu navigasi yang penting dalam sebuah blog adalah menu navigasi horizontal. Menu navigasi horizontal biasa digunakan pada web atau blog. Dilihat dari peranannya, menu horizontal sangat berguna bagi pemilik blog maupun pengunjung guna menavigasi ke halaman yang diinginkan.
Pemasangan menu navigasi ini biasa diletakkan di bawah maupun di atas header. Kita bisa memasukkan link secara horizontal atau berderet kesamping. Biasanya link yang diletakkan pada menu horizontal ini adalah menu yang dianggap penting, karena ketika pertama kali pengunjung blog membuka halaman secara tidak langsung akan melihat menu ini.
Contoh navigasi horizontal pada blog :





B. Perilaku Pencarian 
Setiap situs atau website pada umumnya memiliki fitur pencarian. Begitu juga pada sebuah halaman blog. Fitur pencarian pada sebuah blog berguna untuk memudahkan para pembaca dalam mencari artikel yang sudah kita tulis. Posisi fitur pencarian ini biasanya diletakkan dibagian atas blog, baik disisi kanan maupun sisi kiri blog tersebut.
Contoh fitur pencarian pada sebuah blog :











C. Dampak Perilaku Sosial
Teknologi pada jaman sekarang semakin canggih. Terlebih lagi didukung oleh fasilitas internet yang pada saat ini hampir semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah. Salah satu bentuk kemajuan jaman yang didukung oleh internet adalah dengan adanya situs-situs atau website yang dapat membuat para penggunanya menjadi kecanduan. Contohnya adalah jejaring sosial. Selain jejaring sosial, ada juga halaman blog yang biasa digunakan untuk menuangkan pikiran dalam sebuah tulisan pada suatu halaman web umum. Kecanggihan teknologi tersebut menjadi salah satu pemicu berubahnya perilaku sosial masyarakat. Ada dua dampak yang ditimbulkan, yaitu dampak positif dan dampak negatif
* Dampak Positif
1. Melatih kreatifitas.
2. Sebagai sarana untuk menuangkan pendapat ataupun pikiran.
3. Jika blog tersebut dipergunakan untuk jual-beli online, maka dapat menambahkan penghasilan kita.

* Dampak Negatif
1. Sering terjadi plagiarisme terutama dalam hal penulisan sebuah artikel. 
2. Banyak blog yang menggunakan iklan-iklan yang tidak jarang berbau pornografi. 
3. Bisa menjadi sumber yang tidak akurat kebenarannya, karena biasanya blog digunakan oleh pengguna untuk menuangkan pendapatnya bukan berdasarkan hasil penelitian atau survey.  
  
D. Dampak Perilaku Ekonomi
Selain dampak perilaku sosial, ada juga dampak perilaku ekonomi yang ditimbulkan. Dampak perilaku ekonomi ini  bisa kita lihat dari dua sisi, yaitu sisi pengelola dan sisi pengguna. 
* Dari Sisi Pengelola
Pengelola blog akan mendapatkan pemasukan dari layanan blog yang mereka sediakan kepada pengguna. Walaupun pada kenyataannya hampir semua penyedia layanan blog tidak memungut biaya dari para penggunanya alias gratis, tetapi pemasukan bisa didapat dari pihak lainnya, seperti dari iklan yang dipasang di blog tersebut. 
Logikanya seperti ini, jika semakin banyak orang yang cocok menggunakan fasilitas blog, berarti  nama mereka  akan semakin populer. Karena semakin populer, berarti makin banyak pemasang iklan yang tertarik untuk pasang iklan di blog mereka.  
Sebagai contoh, kita umpamakan seperti sebuah stasiun televisi swasta. Sebuah stasiun televisi  menampilkan acara yang sangat menarik sehingga banyak pemirsa yang menonton acara televisi tersebut. Kita sebagai permirsa tidak dipungut biaya. Dengan semakin populernya acara stasiun televisi tersebut, maka akan semakin banyak pula iklan yang dipasang sebagai sponsor, dan tarifnya akan semakin mahal. Berarti pemasukan yang diterima oleh pihak stasiun televisi tersebut akan semakin besar.  
* Dari Sisi Pengguna
Di sisi pengguna ini terdapat dua pihak, yaitu pemilik blog dan pembacanya. Yang pertama kita akan membahas tentang pemilik blog. Dilihat dari fungsinya, blog memang digunakan untuk menuangkan pikiran kita ke dalam suatu tulisan pada suatu halaman web umum. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan kita untuk menggunakan blog itu menjadi suatu sarana mencari keuntungan. 
Sebagai contoh, kita menulis suatu artikel yang berbobot atau mengandung makna yang sangat penting. Misalnya sebuah artikel yang sudah dibuktikan dengan survey atau penelitian, menggunakan narasumber yang penting, dan membutuhkan data yang sangat sulit dicari. Kemudian kita share artikel tersebut ke blog kita. Agar orang lain yang membacanya menjadi tertarik dan penasaran, kita cantumkan sebagian kecil tulisan dari artikel tersebut atau lebih dikenal sebagai sinopsisnya saja. Lalu jika orang lain ingin membacanya secara keseluruhan, kita ajak pembaca tersebut untuk men-download artikel yang kita buat tadi. Namun untuk men-download artikel tersebut tidak diberikan akses secara gratis, melainkan sang pembaca harus membayarnya dengan cara mentransfer uang melalui rekening. Dengan hal tersebut, kita akan mendapatkan nilai ekonomis dari tulisan yang sudah kita  buat sendiri. 
Selain dengan cara tersebut, kita juga bisa memanfaatkan blog kita sebagai sarana jual-beli secara online. Caranya, kita iklankan barang yang ingin kita jual melalui blog kita, kemudian jika ada peminat yang ingin membeli maka ia harus mentransfer uangnya melalui rekening. 
Setelah membahas tentang pemilik blog, sekarang kita membahas tentang si pembaca blog itu sendiri. Untuk pembaca blog, mereka akan sangat diuntungkan terutama dari segi ekonomis. Jika mereka membutuhkan informasi untuk kebutuhan mereka, maka mereka tidak perlu membeli buku. Mereka hanya perlu mencari di sebuah blog yang sudah jelas keakuratan beritanya dan kebutuhan informasi yang dibutuhkan akan tercapai tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli buku sebagai referensi.

E. Contoh Penerapan Perilaku Navigasi dan Perilaku Pencarian pada Sebuah Blog 
Dalam penerapan ini, sebagai contoh kita mengambil salah satu blog penyedia subtitle Indonesia untuk beberapa seri drama dan film Asia, yaitu “islandsubs.com”. 












a. Perilaku Navigasi
1. Daftar Isi 
Digunakan untuk memilih jenis drama atau film apa yang akan kita download subtitle-nya. 
 


          




2. Projects
Digunakan untuk memilih drama atau film yang sedang tayang ataupun yang akan datang. 

3. Bantuan
Di dalam bagian ini tercantum beberapa link halaman-halaman yang mungkin dapat membantu kita jika mengalami kesulitan dalam men-download atau memakai subtitle, maupun dalam mengakses berbagai fitur di website tersebut.
4. Laporkan Masalah
Digunakan untuk melaporkan segala masalah yang terjadi pada subtitle drama yang disediakan, misalnya: link download mati, subtitle tidak bisa muncul, dan lain sebagainya.  
5. Pengumuman
Di bagian ini kita dapat mengetahui pengumuan apa saja yang diberitahukan pihak admin kepada pembaca/pengguna serta informasi mengenai situs tersebut.  
6. Raw Video
Dalam bagian ini pihak admin memberikan link penyedia video berkualitas medium ataupun berkualitas tinggi.

b. Perilaku Pencarian
7. Search Subtitle
Bagian ini digunakan untuk mencari subtitle yang kita butuhkan.  


Sumber :


No comments:

Post a Comment