Perilaku Navigasi, Perilaku Pencarian serta Dampak Perilaku Sosial dan Ekonomi pada Blog
A. Perilaku Navigasi
Navigasi adalah petunjuk posisi dan arah perjalanan.
Di dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user yang sedang berada di
dalam halaman tertentu tidak tersesat dan mudah menemukan halaman-halaman lain
dalam website kita. Perilaku navigasi pada suatu situs atau web bisa disebut
juga dengan tata letak dari navigasi-navigasi di dalam situs tersebut. Pada suatu situs atau
website, penggunaan navigasi yang baik sangatlah penting. Para pembuat
website harus bisa membuat suatu navigasi yang menarik agar pengunjung situs
tersebut tidak bosan melihatnya.
Contoh
penggunaan navigasi adalah pada halaman blog. Salah satu navigasi yang penting
dalam sebuah blog adalah menu navigasi horizontal. Menu navigasi horizontal biasa
digunakan pada web atau blog. Dilihat dari peranannya, menu horizontal sangat berguna bagi
pemilik blog maupun pengunjung guna menavigasi ke halaman yang diinginkan.
Pemasangan menu navigasi ini biasa diletakkan
di bawah maupun di atas header. Kita
bisa memasukkan link secara horizontal atau berderet kesamping. Biasanya link
yang diletakkan pada menu horizontal ini adalah menu yang dianggap penting,
karena ketika pertama kali pengunjung blog membuka halaman secara tidak langsung
akan melihat menu ini.
Contoh navigasi horizontal pada blog :
B. Perilaku Pencarian
Setiap situs atau website pada umumnya
memiliki fitur pencarian. Begitu juga pada sebuah halaman blog. Fitur pencarian
pada sebuah blog berguna untuk memudahkan para pembaca dalam mencari
artikel yang sudah kita tulis. Posisi
fitur pencarian ini biasanya diletakkan dibagian atas blog, baik disisi kanan
maupun sisi kiri blog tersebut.
Contoh fitur pencarian pada sebuah blog :
C. Dampak Perilaku Sosial
Teknologi pada jaman sekarang semakin
canggih. Terlebih lagi didukung oleh fasilitas internet yang pada saat ini hampir
semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah. Salah satu bentuk kemajuan jaman
yang didukung oleh internet adalah dengan adanya situs-situs atau website yang
dapat membuat para penggunanya menjadi kecanduan. Contohnya adalah jejaring
sosial. Selain jejaring sosial, ada juga halaman blog yang biasa digunakan
untuk menuangkan pikiran dalam sebuah tulisan pada suatu halaman web umum.
Kecanggihan teknologi tersebut menjadi salah satu pemicu berubahnya perilaku
sosial masyarakat. Ada
dua dampak yang ditimbulkan, yaitu
dampak positif dan dampak negatif
* Dampak Positif
1. Melatih
kreatifitas.
2. Sebagai sarana
untuk menuangkan pendapat ataupun pikiran.
3. Jika blog tersebut dipergunakan untuk jual-beli online, maka dapat menambahkan penghasilan kita.
3. Jika blog tersebut dipergunakan untuk jual-beli online, maka dapat menambahkan penghasilan kita.
* Dampak Negatif
1. Sering terjadi
plagiarisme terutama dalam hal penulisan sebuah artikel.
2. Banyak blog yang
menggunakan iklan-iklan yang tidak jarang berbau pornografi.
3. Bisa menjadi
sumber yang tidak akurat kebenarannya, karena biasanya blog digunakan oleh
pengguna untuk menuangkan pendapatnya bukan berdasarkan hasil penelitian atau
survey.
D. Dampak Perilaku Ekonomi
Selain
dampak perilaku sosial, ada juga dampak perilaku ekonomi yang ditimbulkan.
Dampak perilaku ekonomi ini bisa kita
lihat dari dua sisi, yaitu sisi pengelola dan sisi pengguna.
* Dari Sisi Pengelola
Pengelola blog akan mendapatkan
pemasukan dari layanan blog yang mereka sediakan kepada pengguna. Walaupun pada
kenyataannya hampir semua penyedia layanan blog tidak memungut biaya dari para
penggunanya alias gratis, tetapi pemasukan bisa didapat dari pihak lainnya,
seperti dari iklan yang dipasang di blog tersebut.
Logikanya seperti ini,
jika semakin banyak orang yang cocok menggunakan fasilitas blog, berarti
nama mereka akan semakin populer. Karena semakin populer, berarti
makin banyak pemasang iklan yang tertarik untuk pasang iklan di blog mereka.
Sebagai
contoh, kita umpamakan seperti sebuah stasiun televisi swasta. Sebuah stasiun
televisi menampilkan acara yang sangat
menarik sehingga banyak pemirsa yang menonton acara televisi tersebut. Kita sebagai
permirsa tidak dipungut biaya. Dengan semakin populernya
acara stasiun televisi tersebut, maka akan
semakin banyak pula iklan yang dipasang sebagai sponsor, dan tarifnya
akan semakin mahal. Berarti pemasukan yang diterima oleh pihak stasiun televisi tersebut akan semakin besar.
* Dari Sisi Pengguna
Di sisi
pengguna ini terdapat dua pihak, yaitu pemilik blog dan pembacanya. Yang
pertama kita akan membahas tentang pemilik blog. Dilihat dari fungsinya, blog
memang digunakan untuk menuangkan pikiran kita ke dalam suatu tulisan pada
suatu halaman web umum. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan kita untuk
menggunakan blog itu menjadi suatu sarana mencari keuntungan.
Sebagai
contoh, kita menulis suatu artikel yang berbobot atau mengandung makna yang
sangat penting. Misalnya sebuah artikel yang sudah dibuktikan dengan survey
atau penelitian, menggunakan narasumber yang penting, dan membutuhkan data yang
sangat sulit dicari. Kemudian kita share
artikel tersebut ke blog kita. Agar orang lain yang membacanya menjadi tertarik
dan penasaran, kita cantumkan sebagian kecil tulisan dari artikel tersebut atau
lebih dikenal sebagai sinopsisnya saja. Lalu jika orang lain ingin membacanya
secara keseluruhan, kita ajak pembaca tersebut untuk men-download artikel yang kita buat tadi. Namun untuk men-download artikel tersebut tidak
diberikan akses secara gratis, melainkan sang pembaca harus membayarnya dengan
cara mentransfer uang melalui rekening. Dengan hal tersebut, kita akan
mendapatkan nilai ekonomis dari tulisan yang sudah kita buat sendiri.
Selain
dengan cara tersebut, kita juga bisa memanfaatkan blog kita sebagai sarana
jual-beli secara online. Caranya,
kita iklankan barang yang ingin kita jual melalui blog kita, kemudian jika ada
peminat yang ingin membeli maka ia harus mentransfer uangnya melalui rekening.
Setelah
membahas tentang pemilik blog, sekarang kita membahas tentang si pembaca blog
itu sendiri. Untuk pembaca blog, mereka akan sangat diuntungkan terutama dari
segi ekonomis. Jika mereka membutuhkan informasi untuk kebutuhan mereka, maka
mereka tidak perlu membeli buku. Mereka hanya perlu mencari di sebuah blog yang
sudah jelas keakuratan beritanya dan kebutuhan informasi yang dibutuhkan akan
tercapai tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli buku sebagai referensi.
E. Contoh Penerapan Perilaku Navigasi dan Perilaku Pencarian pada Sebuah Blog
Dalam
penerapan ini, sebagai contoh kita mengambil salah satu blog penyedia subtitle Indonesia untuk beberapa seri drama
dan film Asia, yaitu “islandsubs.com”.
1. Daftar Isi
Digunakan untuk memilih jenis drama atau film apa yang akan kita download subtitle-nya.
2. Projects
Digunakan
untuk memilih drama atau film yang sedang tayang ataupun yang akan datang.
3. Bantuan
Di dalam
bagian ini tercantum
beberapa link halaman-halaman yang mungkin dapat membantu kita jika mengalami kesulitan dalam men-download atau memakai subtitle, maupun dalam mengakses
berbagai fitur di website tersebut.
4. Laporkan Masalah
Digunakan
untuk melaporkan
segala masalah yang terjadi pada subtitle
drama yang disediakan, misalnya: link download mati, subtitle
tidak bisa muncul, dan lain sebagainya.
5. Pengumuman
Di bagian
ini kita dapat mengetahui pengumuan apa saja yang diberitahukan pihak admin
kepada pembaca/pengguna serta informasi mengenai situs tersebut.
6. Raw Video
Dalam
bagian ini pihak admin memberikan link
penyedia video berkualitas medium ataupun berkualitas tinggi.
b. Perilaku Pencarian
7. Search Subtitle
Bagian
ini digunakan untuk mencari subtitle yang kita butuhkan.
Sumber :
Comments
Post a Comment