Blogspot dan WordPress




A.  Definisi
1. Blog
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. 
2. WordPress
WordPress adalah sebuah nama yang dapat kita definisikan secara sederhana sebagai sebuah sistem dokumen website yang dapat dijadikan platform blog, e-commerce, sistem informasi, dan lain-lain. Sistem dokumen ini bersifat free dan open source artinya semua orang dapat menggunakannya secara bebas dan dapat melakukan pengembangan terhadapnya.
3.   Blogspot
Blogspot merupakan sebuah layanan gratis untuk membuat suatu blog yang merupakan salah satu produk dari Google. Dengan menggunakan sebuah blogspot kita dapat membuat sebuah blog untuk menuliskan atau menuangkan sebuah ide untuk menjadikan blog kita lebih populer.

B.  Perbedaan Dari Kedua Situs
Banyak hal yang membedakan antara Blogspot.com dan WorPress.com. Bahkan, ada beberapa perbedaan diantara keduanya yang terlihat sangat mencolok. Diantara perbedaaan itu diantaranya:
1. Template
Untuk template, keduanya menggunakan jenis ekstensi yang berbeda. WordPress menggunakan ekstensi jenis PHP, sedangkan Blogspot lebih memilih untuk menggunakan ekstensi jenis HTML dan CSS. Namun, keduanya sama-sama memiliki dukungan free template yang sama banyak.
2. Plugins
Hal lainnya yang membedakan diantara keduanya adalah masalah dukungan plugins. WordPress lebih diuntungkan dengan adanya Plugins yang memang sangat membantu. Lihat saja akan keberadaan plugins Akismet yang serta-merta akan langsung memblokir keberadaan komentar yang dianggap spam. Ditambah lagi dengan adanya plugins SEO Pack yang sudah tentu akan membantu penggunanya untuk meningkatkan konten maupun blognya di mata Search Engine. Sedangkan bagi pengguna Blogger.com, hampir semuanya dilakukan secara manual. Untuk komentar spam, mungkin bisa diakali melalui proses moderasi terlebih dahulu. Namun untuk SEO, harus diutak-atik sendiri templatenya.
3.     Fitur
Dari segi fitur, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal ini, Blogspot cenderung lebih unggul dari segi penggunaan. Blogspot lebih user friendly sehingga lebih mudah untuk digunakan. Fitur unggulan lainnya dari Blogspot adalah kemudahan dalam mengedit template, yakni dalam mengedit file HTML. Pada tata letak, kita juga diberi kemudahan untuk drag-and-drop. Untuk WordPress cenderung sedikit lebih rumit.
Blogspot juga diuntungkan dari segi monetize Blog. Blogspot langsung terintegrasi dengan Google Adsense dan Amazon, yakni pada menu Monetize. Sementara pada WordPress, tidak ada option tersebut. Namun, pengguna WordPress tetap dapat me-monetize Blognya di Google Adsense dan Amazon dengan cara registrasi di situsnya secara langsung.

C.  Fitur-Fitur Pada Blogspot dan WordPress
1.        Blogspot
§  Overview, menu ini digunakan untuk menampilkan informasi secara umum halaman blogger kita seperti pada gambar di awal postingan.
§  Posts, digunakan untuk menampilkan rangkuman postingan, baik yang telah kita publikasikan maupun yang masih dalam draft.
§  Pages, digunakan untuk menampilkan informasi halaman. Kita bisa menambah, menghapus ataupun mengedit halaman blog.
§  Comments, digunakan untuk mempilkan informasi komentar. Baik komentar yang kita publikasikan maupun komentar yang terindikasi spam.
§  Google+, merupakan fasilitas untuk mempublikasikan blog kita kepada pengunjung internet lewat media google+.
§  Stats, digunakan untuk menampilkan informasi postingan, pengunjung, dan sumber lalu lintas di blog.
§  Earnings, digunakan untuk menampilkan informasi tentang program dari google yang bisa kita pakai untuk memberikan penghasilan dari blog.
§  Layout, digunakan untuk menampilkan informasi bentuk blog. Di sini juga bisa mengedit, menambah, mengurangi gadget untuk melengkapi blog.
§  Template, digunakan untuk memberikan settingan pada blog. Di sini banyak fitur yang bisa kita gunakan.

2.        WordPress
§  Dashboard, berisi informasi umum mengenai blog kita, seperti jumlah post, page dan komentar, selain itu di dashboard juga terdapat informasi dari pengembang WordPress.
§  Posts, merupakan menu untuk membuat post baru dan mengelola post yang telah kita buat beserta tag dan kategorinya.
§  Media, merupakan menu yang digunakan untuk meng-upload dan mengatur file-file pendukung, seperti gambar, video, audio dan dokumen. Fungsi ini menyerupai attachment pada email. Media yang kita upload dapat ditampilkan di post atau page.
§  Links, merupakan menu yang digunakan untuk menambahkan dan mengelola link. Link adalah tautan ke website lain yang dapat ditampilkan di front end melalui side bar.
§  Pages, pada dasarnya page menyerupai post. Namun page bersifat statik, berbeda dengan post yang bersifat dinamis. Contoh page adalah halaman ‘tentang saya’ dan ‘buku tamu’.
§  Comments, merupakan menu yang digunakan untuk mengelola komentar. Salah satu keunggulan blog adalah adanya komentar. Pengunjung blog dapat memberikan opininya mengenai artikel yang kita buat. Hal ini membuat komunikasi di blog berjalan dua arah, sehingga blog lebih komunikatif dibanding website biasa.
§  Appearance, merupakan menu yang digunakan untuk mengatur tampilan blog pada bagian front end.
§  Plugins, pada menu ini kita dapat menambahkan dan mengelola plugin. Plugin merupakan program kecil yang ditambahkan pada WordPress untuk memberikan fungsi tertentu, seperti voting, rating, dan formulir.
§  Users, pada menu ini kita dapat mengelola user atau pengguna. WordPress memungkinkan sebuah blog untuk dikelola oleh beberapa pengguna. Sistem ini disebut ‘multi user’.
§  Tools, merupakan menu yang paling jarang disentuh, karena fitur yang diberikan tidak terlalu sering digunakan. Kita hanya akan berurusan dengan menu ini bila ingin melakukan back up pada blog  dan meng-upgrade WordPress.
§  Settings, merupakan menu pengaturan. Ada begitu banyak fungsi yang ditawarkan di menu ini. Salah satunya adalah judul blog.

D.   Traffic Dari Kedua Situs
a.  Blogspot


b. WordPress



Sumber :



Comments

Popular posts from this blog

Macam-Macam Perasaan Seseorang

Prosedur Pembuatan PT dan Struktur Organisasi PT Gamatechno

Pencahayaan dan Bayangan