Quotes

Quotes

Sunday, December 29, 2013

YouTube



            Di zaman yang serba modern ini, hampir semua orang sudah mengenal internet. Internet sudah menjadi hal yang lumrah pada saat ini. Fungsi internet adalah sebagai sumber informasi. Kepopuleran internet kini sudah mengalahkan berbagai media cetak yang sejak dulu dipilih oleh masyarakat umum sebagai sumber informasi yang akurat dan terkemuka. Selain sebagai sumber informasi, internet juga mempunyai berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati oleh setiap pengguna internet salah satunya adalah fasilitas YouTube.
            YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) yang paling populer saat ini. YouTube didirikan pada bulan februari tahun 2005 oleh 3 orang mantan karyawan PayPal yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Video awal yang pertama kali di upload di YouTube berjudul Me at The Zoo, yang menampilkan Jawed Karim di kebun binatang San Diego. Hingga saat ini video tersebut masih dapat disaksikan di YouTube.
Pada bulan juli 2006, YouTube diresmikan dan tercatat 65.000 video baru di upload ke situs YouTube setiap harinya, dengan 100 juta views per hari. Saat ini YouTube menjadi situs online video provider paling dominan di Amerika Serikat, bahkan mungkin di dunia. Diperkirakan 20 jam durasi video di upload ke YouTube setiap menitnya dengan 6 miliar views per hari.
Pemilihan nama www.youtube.com memunculkan masalah dengan situs bernama serupa yaitu www.utube.com. Pada bulan November 2006, pemilik situs tersebut yaitu Universal Tube & Rollform Equipment mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube. Universal Tube sejak itu mengubah nama situsnya menjadi www.utubeonline.com. Setelah itu, pada bulan Oktober 2006, Google Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham.
            Kepopuleran YouTube saat ini membuat banyak orang melek akan dunia teknologi yang semakin canggih. YouTube sekarang ini telah menjadi tempat browsing video yang sangat terkenal. Berbagai macam video ada di YouTube. Mulai dari video tentang edukasi, kesehatan, hiburan, sampai video yang tidak layak ditonton pun ada disana. Tidak sedikit orang memanfaatkan YouTube sebagai tempat untuk mempopulerkan diri. Banyak sekali orang yang berusaha untuk membuat akun YouTube dengan harapan bisa terkenal dengan video yang mereka buat, kemudian menguploadnya ke YouTube. Mereka yang ingin menjadi populer dengan cara berbagi video di YouTube haruslah memiliki keunikan atau daya tarik tersendiri agar dapat menarik pengunjung sebanyak-banyaknya untuk melihat video yang telah di upload.
            Sebagai salah satu situs yang sangat populer, YouTube mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan dari YouTube diantaranya adalah kita bisa melihat atau mencari video yang kita suka, bisa mengupload dan mendownload video yang kita inginkan, bisa memilih kualitas video yang ingin kita lihat, dan bisa juga menjadi ajang promosi diri. Sedangkan untuk kekurangannya adalah banyak orang yang menyalahgunakannya. Tidak sedikit pengguna yang mengupload video tak bertanggung jawab seperti video pornografi. Oleh sebab itu, banyak negara yang memblokir YouTube. Selain itu, YouTube tidak bisa digunakan jika koneksi internetnya lemah. Hal tersebut akan membuat video yang ingin kita lihat menjadi tersendat atau biasa disebut buffering. Kekurangan lain dari YouTube adalah tidak bisa mendownload video secara langsung. YouTube membutuhkan situs perantara lain atau harus menggunakan aplikasi tertentu untuk dapat mendowload video secara langsung. 

No comments:

Post a Comment