Quotes

Quotes

Sunday, December 29, 2013

Tokobagus.com


            Dunia internet pada saat ini tidak hanya diramaikan dengan banyaknya jejaring sosial, tetapi juga jual beli secara online. Salah satu situs jual beli secara online yang terkenal di Indonesia adalah Tokobagus.com. Tokobagus.com merupakan sebuah situs dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa secara online. Tokobagus juga merupakan tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti handphone, motor, mobil, jasa, dan juga lowongan kerja.
            Tokobagus diluncurkan pada bulan April 2005 dengan media promosi melalui stasiun TV lokal, radio, majalah dan pembagian stiker. Dibelakang Tokobagus.com adalah PT Tokobagus yang berkantor pusat di Denpasar, Bali. Saat ini Tokobagus menjadi pusat jual beli online terbesar di Indonesia dengan jumlah member lebih dari 700.000 dan total viewers lebih dari dua juta setiap harinya. Tokobagus mendapatkan update iklan sekitar 10.000 iklan baru setiap harinya. Tokobagus sangat mudah untuk digunakan dan lebih murah dibandingkan surat kabar atau media iklan lainnya. Memasang iklan di Tokobagus tidak dikenakan biaya alias gratis untuk suatu periode yang tak tentu.
            Tokobagus juga merupakan search engine friendly, yang berarti tidak hanya pengunjung dari Tokobagus yang akan menemukan iklan kita tetapi juga orang-orang yang mencari produk atau jasa dengan menggunakan search engine seperti Google juga akan menemukan iklan-iklan yang kita buat. Tokobagus memulai iklan komersialnya di televisi pada tanggal 7 Maret, lalu ditayangkan secara nasional di hampir seluruh televisi swasta terkemuka di Indonesia. Dalam iklan tersebut Tokobagus menonjolkan pengalaman penggunanya saat berinteraksi secara online di situs tersebut. Iklan yang berdurasi kurang dari 30 detik itu memberikan testimoni langsung dari para anggotanya. Iklan tersebut juga di nilai memiliki misi edukasi yang menonjolkan tentang manfaat dari jual beli secara online yang kini semakin menjadi trend tersendiri di masyarakat Indonesia.
            Untuk dapat memasang iklan di Tokobagus, kita harus terdaftar dulu menjadi member. Langkah-langkah untuk melakukan registrasi adalah hanya dengan memasukkan alamat email pada form yang telah disediakan. Kemudian Tokobagus akan mengirimkan link untuk proses konfirmasi dan aktivasi akun ke email yang telah kita masukkan. Setelah akun dinyatakan aktif, kita dapat langsung masuk sebagai member di Tokobagus.com dan melengkapi profil kita untuk dapat melakukan pemasangan iklan. Selain memasang iklan, kita juga dapat mencari produk atau jasa yang ingin kita temukan secara cepat dan praktis dengan menggunakan fitur kata pencarian yang telah disediakan di situs Tokobagus.com.
            Kelebihan utama Tokobagus adalah mudah digunakan. Hanya perlu beberapa menit saja untuk mendaftar dan jika kita sudah mempunyai barang yang ingin dijual kita bisa langsung memasang iklan. Selain itu, memasang iklan di Tokobagus tidak dipungut biaya alias gratis. Kelebihan lainnya adalah Tokobagus sudah dikenal masyarakat luas. Saat ini sudah banyak forum jual beli online di internet, tetapi Tokobagus bisa dianggap sebagai forum yang paling populer untuk mendukung bisnis online ini. Banyaknya pengunjung yang mengunjungi situs Tokobagus juga bisa menjadi kelebihan tersendiri. Rata-rata situs Tokobagus dikunjungi tidak kurang dari ratusan ribu pengunjung setiap harinya, baik yang sudah menjadi anggota maupun tidak. Dengan banyaknya pengunjung maka peluang barang yang kita jual untuk dilihat banyak orang juga semakin besar. Kelebihan yang terakhir adalah adanya fasilitas verifikasi anggota. Untuk menghindari penipuan dalam jual beli online, Tokobagus menyediakan layanan khusus untuk memverifikasi setiap anggota. Dengan status terverifikasi, kita bisa lebih dipercaya oleh konsumen.
            Setiap situs jual beli online pasti mempunyai kekurangan tersendiri. Kekurangan dari situs Tokobagus ini adalah adanya fitur eksklusif. Tokobagus tidak sepenuhnya gratis. Hanya beberapa fitur tertentu yang dapat kita nikmati tanpa dipungut biaya, seperti registrasi dan pemasangan iklan. Jika iklan yang kita buat ingin selalu muncul di urutan teratas dalam hasil pencarian, maka kita harus rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan fitur tersebut. Selain itu, fitur eksklusif ini hanya bisa dinikmati dalam kurun waktu yang sangat singkat. Biasanya hanya beberapa minggu atau bulan. Kekurangan lainnya adalah masa tayang iklan yang kita buat dibatasi. Jika kita tidak mengunjungi situs Tokobagus dengan akun kita dalam kurun waktu tertentu, maka website ini akan mengirimkan peringatan ke email kita. Iklan yang kita pasang sementara akan di non-aktifkan dan kita harus berkunjung kembali ke situs Tokobagus untuk mengaktifkan kembali iklan tersebut.
            Dalam jual beli online, proses pembayaran masih menjadi masalah pada saat ini. Kepercayaan dari masing-masing pihak sangatlah dibutuhkan. Tokobagus hanyalah situs iklan baris yang bertindak sebagai perantara. Maka secara otomatis transaksi tidak kita lakukan dengan pihak Tokobagus, melainkan dengan pemilik barang. Tokobagus tidak menyediakan fasilitas pembayaran seperti situs jual beli online lainnya. Jadi kita hanya bisa membayar dengan cara transfer kepada pemilik barang sebelum barang diterima. Selain masalah pembayaran, kualitas barang juga sangat dipertimbangkan. Sama halnya dengan situs jual beli lainnya, kita tidak dapat melihat barang yang kita beli secara langsung sebelum kita melakukan transaksi dan barang dikirimkan ke kita, kecuali kita bisa bertemu dengan pemilik barang di suatu tempat dan melihat barang ingin kita beli.


No comments:

Post a Comment