Internet Banking


Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat. Banyak hal yang sulit dilakukan kini menjadi mudah dilakukan. Salah satu contohnya adalah menggunakan layanan Internet Banking. Internet Banking adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Layanan Internet Banking ini merupakan aplikasi teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan tersedia setiap saat. Nasabah dapat mengakses dari mana saja baik itu dari HP, komputer, laptop/ note book, dan sebagainya.
Layanan yang disediakan oleh Internet Banking antara lain: transfer antar rekening, transfer antar bank domestik, pembayaran Telkom, pembayaran listrik, pembayaran asuransi, pembelian pulsa telepon, pembelian tiket, dan sebagainya. Dengan menggunakan Internet Banking, kita tidak perlu repot lagi dalam melakukan kegiatan perbankan. Internet Banking memanfaatkan teknologi internet sebagai media untuk melakukan transaksi yang berhubungan dengan transaksi perbankan. Sesuai dengan namanya, penggunaan jaringan internet dalam Internet Banking sangatlah penting, karena internet merupakan perantara atau penghubung antara nasabah bank dan pihak bank. Bentuk transaksi yang dilakukan pun bersifat maya, atau tanpa memerlukan proses tatap muka antara nasabah dan petugas bank yang bersangkutan.
Untuk dapat menggunakan layanan Internet Banking, kita harus mengikuti beberapa langkah tertentu. Langkah yang pertama kita harus melakukan pendaftaran di bank penyedia layanan ini dengan memliki tabungan dan nomor rekening. Jika rekeningnya sudah aktif, kita juga harus memiliki e-mail untuk konfirmasi berbagai transaksi yang akan dilakukan. Selanjutnya kita daftarkan layanan ini melalui ATM atau Customer Service. Kemudian kita beli dan melakukan aktivasi token PIN dengan bantuan Customer Service. Pelajari penggunaan token PIN termasuk perintah-perintahnya. Setelah itu, kita juga harus memastikan koneksi internet stabil ketika bertransaksi. Jika koneksinya tidak stabil, maka berakibat gagalnya transaksi yang kita lakukan menggunakan layanan ini. Setiap kali melakukan transaksi yang berhubungan dengan pengeluaran uang, kita gunakan toke PIN yang sudah kita buat sebelumnya. Biasanya token PIN digunakan pada berbagai transaksi yang berakibat keluarnya saldo dari rekening kita.
Seperti pada umumnya, setiap layanan apapun pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dari Internet Banking sendiri adalah hemat waktu, hemat energi, hemat biaya, lebih tenang  dalam bertransaksi, dan dapat dilakukan selama 24 jam tanpa beranjak dari tempat kita berada. Kita tidak perlu repot-repot pergi ke bank atau ke ATM untuk melakukan transaksi perbankan. Hanya dengan klik beberapa kali saja menggunakan HP, kamputer ataupun laptop maka transaksi selesai.

Selain mempunyai keuntungan tersendiri, Internet Banking juga mempunyai beberapa kekurangan. Kekurangan yang pertama dari Internet Banking adalah menggunakan sistem kliring untuk transfer ke bank lain. Sistem kliring adalah sistem yang menggunakan  proses manual yang dilakukan dari bank yang bersangkutan. Yang kedua adalah kita harus memiliki koneksi internet yang stabil, karena Internet Banking menggunakan layanan internet untuk mengoperasikannya. Ketiga, kita harus menggunakan token PIN. Token PIN adalah salah satu alat yang juga harus kita miliki untuk dapat mempergunakan layanan Internet Banking. Fungsi dari token PIN adalah untuk mengacak PIN setiap kali kita bertransaksi yang berhubungan dengan keluarnya uang dari nomor rekening yang kita miliki. Kekurangan yang terakhir adalah hanya bisa diakses oleh mereka yang melek teknologi saja, karena layanan Internet Banking sangat tergantung pada internet, jadi secara otomatis layanan ini hanya bisa digunakan oleh mereka yang melek teknologi saja.

Comments

Popular posts from this blog

Macam-Macam Perasaan Seseorang

Prosedur Pembuatan PT dan Struktur Organisasi PT Gamatechno

Resensi Film Animasi Transformers