Google+


            Siapa yang tak kenal Google saat ini. Setiap kali mendengar kata Google, hal pertama yang teringat adalah ‘serba ada’. Semua informasi apapun yang ingin kita cari pasti ada di Google. Google adalah situs pencarian yang paling terkenal di internet. Google merupakan sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk internet. Maraknya jejaring sosial di dunia saat ini membuat Google tidak mau ketinggalan. Google meluncurkan jejaring sosial yang bernama Google+ atau biasa disebut juga Google Plus.
            Google+ adalah jejaring sosial yang diluncurkan oleh Google. Google+ ini sama seperti jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya yang menyediakan fasilitas untuk dapat menghubungkan kita dengan orang lain. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011. Banyak fitur dari Google+ yang mirip dengan situs jejaring sosial Facebook. Tak sedikit orang menilai Google+ sebagai jejaring sosial yang meniru Facebook dan ingin mengalahkan kepopuleran Facebook. Di minggu kedua setelah peluncurannya, Google+ telah beranggotakan hampir 20 juta pengguna. Oleh sebab itu, tim dari Google+ membatasi jumlah anggota dengan cara menggunakan sistem invite untuk setiap pendaftarannya.
            Fitur-fitur yang dimiliki oleh Google+ diantaranya adalah Automatic Circles, Huddle, Hangouts, Sparks, dan Instant Upload. Fungsi dari Automatic Circles tidak berbeda jauh dengan Facebook dan Twitter yaitu untuk menambah teman ke dalam lingkaran Google+ yang telah kita buat. Tetapi fitur ini mempunyai kelebihan tersendiri, yaitu kita dapat mengelompokkan secara langsung teman-teman, kenalan, keluarga, dan lain-lain dalam satu lingkaran.
Fitur kedua dari Google+ adalah Huddle. Huddle adalah fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS untuk berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles. Dengan fitur ini, kita dapat chatting dengan teman di dalam lingkaran kita secara mudah dan nyaman. Fitur selanjutnya yang dimiliki oleh Google+ adalah Hangouts. Fitur ini menggunakan teknologi video chatting. Dengan menggunakan fitur Hangouts kita dapat chatting menggunakan video dengan teman-teman yang ada di dalam lingkaran kita dalam waktu bersamaan. Selanjutnya adalah Sparks. Sparks adalah fitur seperti mesin pencari untuk memberikan informasi yang instan dan akurat kepada penggunanya. Dengan fitur ini, kita tidak perlu lagi keluar dari Google+ untuk mencari informasi, karena di dalamnya sudah terdapat mesin pencari yang dapat kita gunakan setiap saat baik untuk dibagikan kepada orang lain maupun disimpan sendiri. Fitur terakhir adalah Instant Upload. Fitur ini digunakan untuk mengupload foto yang dapat kita kreasikan dengan menambahkan komentar lucu pada foto.
Selain fitur-fitur yang ada di dalam Google+ itu sendiri, ada keuntungan lain yang dimiliki Google+, khususnya bagi para blogger atau pengguna blog. Bagi para blogger, kita dapat berbagi artikel yang kita buat ke semua teman yang ada di lingkaran kita. Jika kita menggunakan Blogspot dan blog kita sudah dihubungkan dengan akun Google+, maka setiap kita selesai membuat artikel secara otomatis dapat langsung dibagikan ke semua teman yang ada di dalam lingkaran kita.
Setiap jejaring sosial pasti bertujuan untuk mencari teman sebanyak-banyaknya. Untuk menambahkan teman ke dalam lingkaran kita adalah dengan cara masuk ke dalam akun Google+ yang sudah kita buat, kemudian kita tambahkan akun Google+ teman kita yang ingin dimasukkan ke dalam lingkaran. Setelah itu konfirmasi ke teman kita dengan cara memberikan komentar dengan Author akun Google+ milik kita. Maka teman kita akan menambahkan kita ke dalam lingkarannya juga.
Kelebihan dari Google+ dibanding dengan jejaring sosial lain adalah mempunyai sistem manajemen teman yang lebih baik daripada facebook dan twitter, kategorisasinya lebih teratur dan lebih jelas. Status yang kita buat juga bisa diatur apakah itu tidak boleh di share kembali atau tidak boleh dikomentari. Dapat berbagi gambar yang berekstensi Gif pada lingkaran kita. Mode huruf yang diberikan juga lebih beragam. Kita bisa membuat status dengan menggunakan mode huruf miring, cetak tebal maupun bergaris bawah. Fitur ini tidak disediakan di jejaring sosial lain. Fitur +1 mempunyai ciri khas tersendiri untuk Google+. Fitur ini hampir mirip dengan fitur Like di facebook.

Selain kelebihan, Google+ juga mempunyai kekurangan. Google+ memakan 22% lebih banyak bandwidth dibandingkan dengan facebook. Browser menjadi lebih berat. Fitur chatting masih sangat kurang. Fitur streaming posts diorganisir oleh aktivitas, tidak berdasarkan urutan kronologis, sehingga sulit untuk bersaing dengan posting terbaru. 

Comments

Popular posts from this blog

Macam-Macam Perasaan Seseorang

Prosedur Pembuatan PT dan Struktur Organisasi PT Gamatechno

Resensi Film Animasi Transformers