Quotes

Quotes

Saturday, March 23, 2013

Tugas Ilmu Sosial Dasar 8


Tema : Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Kemiskinan

Keterkaitan Antara Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Kemiskinan

A.    ILMU PENGETAHUAN
Ilmu pengetahuan adalah sebuah dasar atau bekal bagi seseorang yang ingin mencapai suatu tujuan yang diharapkannya. Tanpa ilmu pengetahuan, manusia tidak bisa mencapai apa yang diinginkannya. Ilmu pengetahuan memberikan setiap manusia ilmu-ilmu dasar untuk melakukan sesuatu. Ilmu pengetahuan bisa dicari dimana saja, tidak hanya dari buku pelajaran saja. Tetapi ilmu pengetahuan juga bisa diambil dari berbagai sumber seperti koran, majalah, televisi, radio, komik sains, ataupun pengalaman seseorang bahkan dari kitab suci. Unsur pokok dalam suatu ilmu pengetahuan adalah :
·     Pengetahuan, sebagaimana pengertian di atas.
·     Tersusun secara sistematis.
·     Menggunakan pemikiran yaitu menggunakan akal sehat.
·     Dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain atau masyarakat umum.

B.    TEKNOLOGI
Teknologi adalah pemanfaatan ilmu untuk memecahkan suatu masalah dengan cara mengerahkan semua alat yang sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan dan skala nilai yang ada. Teknologi bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis serta untuk mengatasi semua kesulitan yang mungkin dihadapi.
Teknologi dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Salah satu dampak positifnya adalah untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan dalam kehidupan. Jika tidak dimanfaatkan secara baik, teknologi juga dapat memberi dampak negatif bagi kehidupan kita. Salah satu contoh dampak negatif dari perkembangan teknologi adalah kesempatan kerja yang semakin kurang sementara angkatan kerja makin bertambah, masalah penyediaan bahan-bahan dasar sebagai sumber energi yang berlebihan dikhawatirkan akan merugikan generasi yang akan datang.
C.     KEMISKINAN
Kemiskinan pada dasarnya merupakan salah satu bentuk problema yang muncul dalam kehidupan masyarakat, khususnya pada negara-negara yang sedang berkembang. Kemiskinan yang dimaksud adalah kemiskinan dalam bidang ekonomi. Dikatakan berada di bawah garis kemiskinan apabila pendapatan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang paling pokok seperti pangan, pakaian dan tempat berteduh. Kemiskinan juga dapat terjadi karena tidak memiliki pekerjaan, biasanya orang yang tidak memiliki pekerjaan tidak mendapatkan kerja karena kurangnya skill ataupun pendidikan yang dimiliki.

Ciri-ciri manusia yang hidup di bawah garis kemiskinan, yaitu :
·     Tidak memiliki factor-faktor produksi sendiri seperti tanah, modal, ketrampilan.
·     Tidak memiliki kemungkinan untuk memperoleh asset produksi dengan kekuatan sendiri, seperti untuk memperoleh tanah garapan atau modal usaha.
·     Tingkat pendidikan mereka rendah, tidak sampai tamat SD.
·     Kebanyakan tinggal di desa sebagai pekerja bebas.
·     Banyak yang hidup di kota berusia muda dan tidak mempunyai ketrampilan.
Fungsi kemiskinan, yaitu :
·     Kemiskinan menyediakan tenaga kerja untuk pekerjaan-pekerjaan kotor, tidak terhormat, berat, berbahaya, namun dibayar murah.
·     Kemiskinan memperpanjang nilai guna barang atau jasa.
·     Kemiskinan mensubsidi sebagai kegiatan ekonomi yang menguntungkan orang-orang kaya.
·     Memperteguh status sosial orang kaya, karena bermanfaat untuk menjadi tumbal pembangunan.
Kemiskinan menurut pendapat umum dapat dikategorikan ke dalam 3 kelompok, yaitu :
·     Kemiskinan yang disebabkan aspek badaniah atau mental seseorang. Pada aspek badaniah, biasanya orang tersebut tidak bisa berbuat maksimal sebagaimana manusia lainnya yang sehat jasmani. Sedangkan aspek mental, biasanya mereka disifati oleh sifat malas bekerja dan berusaha secara wajar, sebagaimana manusia lainnya.
·     Kemiskinan yang disebabkan oleh bencana alam. Biasanya pihak pemerintah menempuh dua cara, yaitu memberi pertolongan sementara dengan bantuan secukupnya dan mentransmigrasikan ke tempat hidup yang lebih layak.
·     Kemiskinan buatan atau kemiskinan struktural. Selain disebabkan oleh keadaan pasrah pada kemiskinan dan memandangnya sebagai nasib dan takdir Tuhan, juga karena struktur ekonomi, sosial dan politik.

Usaha memerangi kemiskinan dapat dilakukan dengan cara memberikan pekerjaan yang memberikan pendapatan yang layak kepada orang-orang miskin. Karena dengan cara ini bukan hanya tingkat pendapatan yang dinaikkan, tetapi harga diri sebagai manusia dan sebagai warga masyarakat dapat dinaikkan seperti warga lainnya. Dengan lapangan kerja dapat memberikan kesempatan kepada mereka untuk bekerja dan merangsang berbagai kegiatan-kegiatan di sektor ekonomi lainnya.
Ilmu pengetahuan, teknologi dan kemiskinan sangatlah berkaitan. Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dua hal yang tak terpisahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika seseorang bisa menguasai IPTEK maka ia akan bisa maju dan berkembang di era globalisasi sekarang ini. Dan bagi yang tidak bisa menguasai IPTEK maka akan tertinggal jauh oleh pesatnya perkembangan zaman. Bila perkembangan zaman terus melaju pesat sedangkan masih ada masyarakat yang buta dengan IPTEK maka mereka akan tertinggal dan mungkin saja bisa menjadi miskin karena cara lama yang mereka gunakan sudah tidak efektif dan efisien lagi di zaman sekarang ini.
IPTEK tidak terlepas dari kemiskinan dan kemiskinan tidak telepas pula dari kehidupan masyarakat. Kemiskinan dalam bidang ekonomi selalu menjadi kendala di negara-negara berkembang. Sangat sulit negara untuk memberantas kemiskinan. Kemiskinan terjadi karena rendahnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta pendidikan yang rendah. Sebenarnya jika kita semua memanfaatkan IPTEK maka kita semua dapat memberantas kemiskinan yang ada. Tidak akan ada lagi pengamen, pengemis, dan pekerjaan tidak layak lainnya. Semua dapat teratasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kemiskinan sebenarnya adalah pemikiran yang sempit karena tidak semua pekerjaan juga dapat di kerjakan oleh kemajuan teknologi namun manusia semakin mendekat dengan hasil kemajuan itu dan bergantung pada teknologi itu sehinga menjadikan mereka tidak mau berfikir untuk mencari jalan lain untuk menyiapkan diri dalam menghadapi itu semua.
Sebenarnya apabila mereka mau memanfaatkan teknologi yang ada dengan ilmu pengetahuan yang mereka miliki tidak akan ada kemiskinan karena kemajuan Teknologi justru orang akan terbantu dengan kemajuan Teknologi.

Sumber :

No comments:

Post a Comment