Tugas Ilmu Sosial Dasar 2


Tema : Individu, Keluarga dan Masyarakat


Pengertian dari Individu, Keluarga dan Masyarakat


Manusia merupakan makhluk Individu. Oleh sebab itu manusia dikatakan sebagai makhluk sosial yang hidupnya berkelompok dan saling membutuhkan orang lain. Masyarakat merupakan tempat berkumpulnya individu-individu yang hidup secara sosial yang memiliki kehendak dan keinginan atau tujuan bersama. Selain itu kita juga menyadari bahwa kita sebagai individu dan makhluk sosial yang memahami tugas dan kewajibannya dalam setiap tatanan kehidupan berkelompok dan dalam struktur dan system sosial yang ada.

Individu berasal dari kata individum (Latin), yaitu satuan kecil yang tidak dapat dibagi lagi. Individu menurut konsep Sosiologis berarti manusia yang hidup berdiri sendiri. Individu sebagai mahkluk ciptaan Tuhan di dalam dirinya selalu dilengkapi oleh kelengkapan hidup yang meliputi raga, rasa, rasio, dan rukun.

Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta "kulawarga". Kata kula berarti "ras" dan warga yang berarti "anggota". Keluarga adalah lingkungan di mana terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah. Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab di antara individu tersebut. Peranan keluarga menggambarkan seperangkat perilaku antar pribadi, sifat, kegiatan yang berhubungan dengan pribadi dalam posisi dan situasi tertentu. Peranan pribadi dalam keluarga didasari oleh harapan dan pola perilaku dari keluarga, kelompok dan masyarakat.

Masyarakat adalah sejumlah manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan mempunyai kepentingan yang sama. Seperti; sekolah, keluarga, perkumpulan, negara semua adalah masyarakat.

Sebagai manusia yang bersifat sosial kita di harapkan agar tidak memiliki sikap indvidualisme, yang tidak ingin hidup bermasyarakat. Kita juga seharusnya dalam bermasyarakat menciptakan sikap saling tolong menolong dalam hal kebajikan, agar terciptanya sikap kekluargaan dan kasih sayang terhadap sesama manusia.

Comments

Popular posts from this blog

Macam-Macam Perasaan Seseorang

Prosedur Pembuatan PT dan Struktur Organisasi PT Gamatechno

Pencahayaan dan Bayangan